Minggu, 30 Juni 2019

Al-pukat


Dulu, didepan rumah, ada pohon alpukat mentega, buahnya besar, warnanya kuning, dagingnya tebal, bijinya kecil... kalau udah matang, tanpa gula pun enyaak banget... tapi sekrang udah ditebang, soalnya pohonnya dah tinggi buanget, jadi takut kena kabel listrik yang terjalin indah 😛

kangen lah sama alpukat mentega, nah qodarullah pas tadi pagi kepasar, nemu tukang buah grosir khusus untuk yang jualan jus.. jadi harga sekilonya murce hohoohoho

inget dulu, cara membuat matang alpukat biar cepat.. tuh, kya difoto, ujung alpukat dipotong, trus ditutup tisu yang dilapisin lagi sama solatip besar hehehhe... kalau caranya benar sih biasanya berhasil, kemarin2 coba in dengan tisu seadanya dan solatip seadanya, hasilnya, matang sebelah, mentah sebelah uuugh.. mudah2an yang sekarang berhasil... dah ngebayangin dimakan sama gula mm yummy 😋

oia, jahitan hari ini.. dan kemarin2 tuh kebanyakan jahiiiit.. baju kebaya, gamis seragaman untuk nikahan.. hiks.. kan bikin baper... 😢 wkwkkwkw bikin baper... bagian mau dikenalin sama orang buat ta'arufan aja kabur 😅😅 

bedewe.. pict nyusul yaaa.. kalau udah rapi semua... gamisnya maniis banget, jadi pengen buat sendiri... huhuhuhu

Membatasi Impian

ada cerita..

Bapak ini, memiliki, perahunya sendiri, alat pancingnya sendiir dan tinggal di dekat danau yang perairannya bagus otomatis ikannya melimpah... suatu hari, datang seorang pemuda, niat awalnya, pemuda itu ingin menghilangkan penatnya dari kehidupan sehari harinya.. refreshing gitu lah ceritanya :D selama 5 jam, pemuda itu menyewa kapal bapak ini, didampingi oleh sipemilik kapal ini...

5 jam yang membuka matanya, melihat bnyaknya potensi dari kapal, dan danau ini, pemuda tersebut memberikan modal 1M saat itu juga pada bapak ini untuk membesarkan usahanya, tapi.. ditolaknya oleh bapak ini.. kenapa? karena untuk apa menambah modal, memperbesar usaha? agar kaya? toh impian dia selama ini sudah tercapai.. menjalani hidup dengan tenang, bisa pergi memancing, bisnis yang dia impikan, danau diseblahnya.. untuk apa dia mau memperbesar bisnisnya, yang malahan akan menghancurkannya? (taulah persaingan bisnis kelas kakap, lebih wow dibandingin persaingan tetangga)

ada yang bertanya pada seorang pemuda, kenapa keahliannya dalam bursa saham tidak digunakannya? padahal kalau digunakan, dia akan kaya raya? pemuda itu berkata, untuk apa bekerja di tempat yang dia tidak nyaman, bekerja dengan hati yang risau, hanya untuk mengejar uang yang banyak? sementara dia ditempat pekerjaannya yang sekarang, jauh lebih nyaman karena itu yang dia inginkan dan lagi pula teman2nya ditempat kerja adalah orang2 yang baik dan menyenangkan...

Batasan impian kita...
ingin seperti apa, sebesar apa...
tujuannya.. visinya.. misinya..

apapun itu.. jangan sampai untuk mencapai impian kita menghancurkan orang lain, tantangan untuk diri sendiri, bisa ngga mewujudkan impian kita dengan jalan yang lurus, tanpa cheat dari setan ;p just like a game...

Sabtu, 29 Juni 2019

heeemmm...

Pengen ngetik, pengen cerita.. tapi ga tau apa yang mau diceritain, ga tau apa yang mau di tulis.. hohoh huhuhu

uugh.. kerjaan udah numpuk lagi, daaan.. padahal lagi mengembalikan jam tubuh biar kembali normal, tidur di waktunya tidur, melek di waktunya melek... membiasakan tidur jam 9, melek jam 3... tapi kalau inget kerjaan tuuuh.. pengen melek lagi tengah malm >.<"

yah,, ngetik udah ga jelas, tanda udah ngantuk sangat wkwkwkw T.T

Kamis, 27 Juni 2019

Half Alexithymia

emosi.. perasaan.. 

Baru pertama kali mendengar kata Alexithymia... ketidakmampuan untuk mengungkapkan emosi.. cara untuk sembuhnya.. dengan dilatih.. dilatih merasakan emosi..

aku pikir, Alexithymia tidak ada dalam sebuah kata, hanya sesuatu yang tidak disadari orang-orang.. ternyata memang ada.. 

Alexithymia (half).. mungkin itu kata yang cocok untuk keadaan dulu.. tidak merasakan emosi apapun, ketika sedih, marah, sakit, suka, sayang, benci.. hanya direspon dengan datar.. 

https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3496289/ini-dia-alexithymia-penyebab-emosi-datar

Belajar melihat emosi orang, sebab akibatnya.. sebabnya rasa "senang", akibatnya menjadi "tersenyum".. sebabnya sedih, akibatnya menangis... belajar melihat hal yang memang seharusnya dirasakan ketika terjadi sesuatu, belajar berinteraksi yang seharusnya dengan orang-orang disekitar... belajar dari kesalahan-kesalahan orang-orang disekitar..

mau dicubit, dipukul, dipelintir pergelangan tangan, ditodong pistol pun, emosi yang keluar hanya datar, terasa rasa sakitnya, tapi didalam hati, diwajah? emosinya hanya datar...

belajar, melihat emosi orang.. belajar tentang kehidupan bersosial.. 

menikmati hidup, merasakan cinta yang tanpa batas, merasakan ketulusan orang yang menyayangi kita, merasakan tersenyum, merasakan marah, merasakan sedih, merasakan kecewa, merasakan semangat, belajar perasaan baru, belajar hal baru, belajar emosi baru...

alhamdulillah.. mulai kembali normal hhehehhehe :D

Senin, 24 Juni 2019

Pasir dan Batu

Ada yang bilang.. 

jika kau membenci sesuatu, seseorang, memiliki kenangan buruk.. tulis lah di pasir.. jika kau mencintai sesuatu, seseorang, hal indah.. tulislah di batu..

Air laut akan menghapuskan kesedihan yang kau tuliskan di pasir.. dan batu akan menyimpan ukiran tulisan indahmu didalam hatinya.. menghapuskan ukiran tulisan pada batu, kau pun akan mengikis batu itu..

semakin dalam ukirannya, semakin besar juga kikisan pada batu itu..

ada yang bilang, kenapa sesorang ada yang cepat menemukan pasangan hidupnya, ada pula yang lama menemukan pasangannya? karena mungkin tentang ikhlas.. berdamai dengan hati dan masa lalunya.. 

jangan pernah membawa masa lalu pada hubungan yang baru.. itu.. hanya akan menimbulkan masalah yang baru.. dan lebih banyak hati yang akan tersakiti..

Kalau kata salah satu ustad.. jangan menanyakan masa lalu pada pasangan kita, yang berlalu biarlah berlalu, lihat dirinya sekarang, yang sudah berubah.. selesaikan dlu masa lalu yang membuat kau berat melangkah.. kemudian, bukalah lembaran baru, terimalah hati yang baru di tempat yang telah bersih dari serpihan masa lalu...

Selasa, 18 Juni 2019

Hidup untuk diri sendiri, jadilah diri sendiri

Untuk sebagian orang.. untuk orang-orang tertentu, sebagian hidupnya banyak dihabiskan untuk orang-orang disekelilingnya, entah itu menafkahi, entah itu melakukan apapun untuk kebahagiann orang disekelilingnya.. full untuk orang-orang disekelilingnya, tanpa ingat bahwa dirinya sendiri butuh untuk menjadi diri sendiri

Seorang sahabat pernah berkata "kita tidak bisa membahagiakan semua orang nie.."  setelah kejadian 3 tahun kemarin.. yah, hidup hanya sekali, sebelumnya, hidup untuk orang lain, berperan seperti yang orang inginkan..  dan sekarang, hidup untuk diri sendiri, apa yang membuat hati ringan, tenang menjalaninya, dan bahagia..

Melakukan apa yang sebelumnya tidak sempat untuk dilaksanakan, mengerjakan apa yang benar-benar disukai..

Pernah baca di salah satu  media sosial tentang motivasi tukang sate..
pelanggan ini, kalau mau memesan sate, harus telepon dlu sebelmnya, untuk memastikan warungnya buka atau tutup, pernah suatu ketika, pelanggan ini memaksakan datang ke warung sate, dan ternyata tutup... suatu ketika ditanyalah ke penjual sate itu, kenapa tidak setiap hari buka? kenapa tidak jualan sampai malam? kalau bapak seperti ini cara jualannya, bapak akan kehilangan pelanggan..

bapak itu hanya berkata, "Rezeki itu dilangit nak, bukan di bumi.." kurang lebih pembahsannya, bapak itu menyuruh untuk lihat di jalanan dibelakangnya, banyak orang berkendara dengan mobil mewah,, gajinya besar, bekerja pagi siang malam, tapi apa hidupnya tenang? sebenarnya mereka bekerja untuk apa? kenapa mencari uang banyak2? untuk tabunga masa tua? untuk biaya berobat ketika sakit nanti akibat kelelahan bekerja? saya lebih tenang menjalani hidup saya sekarang, tidak dililit hutang, setiap 2 minggu sekali bisa pulang ke madura, disana saya bisa keliling kampung, menikmati alam, memancing, menikmati hidup..

Baru kemarin saya nonton sebuah video kurleb mirip sama cerita tukang sate itu..
dalam video itu, si motivator cerita, kalau semua motivator selalu memberikan motiviasi untuk selalu maju, jangan berhenti dalam usahamu, jangan memutuskan rantai, maksud rantai ini, tanda silang dikalender, hari-hari yang sudah dilalui dari awal mulai usaha sampai detik ini..

berapa jam kau bekerja, usaha, sehingga kurang waktu istirahat.. (16+18+24+7+9+8+5+9+....) dan sampai akhirnya itu semua dikali kan dengan 0 dan yang seperti kita tau, angka berapapun yang ada didepan, jika dikalikan dengan nol, maka hasilnya akan nol.. 0 ini adalah kematian.. kita ubah angka 0 ini menjadi 1, sehingga apa yang kita usahakan memliki artinya, memiliki hasil..

bagaimana mendapatkan angka 1 ini? bukan kehidupan immortal yah xixixiix angka 1 ini kita kembalikan semuanya pada Allah swt, apapun yang sedang kita kerjakan, niatkan ini semua untuk Allah.. misal.. saya niat menjahit ini, sebagai sarana dakwah saya, agar perempuan-perempuan diluar sana tertarik untuk memakai baju2 yang anggun, cantik, manis, bahan bagus dengan harga terjangkau agar mereka tertutup auratnya...

itu membuat saya tidak memikirkan keuntungan yang besar, hanya keuntungan sekedarnya... dan itu membuat kita kembali lagi ke cerita awal... Rezeki itu dilangit.. yang pasti kita selalu berusaha, jangan berhenti, dan selalu tetap di jalanNya... dan tetap menjadi diri sendiri, perbaiki diri sendiri, kalau niat kita benar2 untuk Allah, insyaAllah, Allah akan menuntun kita kearahNya, dengan bertemu orang2 baik yang akan mendampingi kita ke arahNya :)


that's reminder for my self.. yang suatu hari pasti lupa dan nge down lagi ^.^

Kamis, 13 Juni 2019

Jodoh yang di jaga Allah SWT

Momen lebaran.. menjadi ajang silaturahmi, bertemu saudara2, teman2 maupun para tetangga.. terkadang bertemu saudara2 dari teman dan tetangga..

tidak jarang, buat yang masih single itu menjadi kesempatan untuk mencari pasangan xixixii kalau dulu, kelewat aja ketemu orang2 yang memungkinkan untuk menjadi pasangan tuh reaksinya ga jauh dari.. "yah, telat datangnya.. hiks jadi ga bisa kenalan deh" wkwkkwkw kalau sekarang, reaksinya.. "hemm.. Allah menjaga aku untuk siapa yah? ma'lum lah, aku terlalu masyaAllah,  subhanallah, alhamdulillah untuk dimiliki" wkwkwkkwk

ituh.. namanya positif thinking, sama Allah dan biar hati ga down2 amat yah :D





Satu kufu..

Ada yang mengajarkan ilmu tentang satu kufu.. Ketika telah paham ilmu tersebut, euphoria untuk yang sekufu itu.. kuat... Lambat laun.. sete...